Macam-Macam Kawat Seling Galvanis Untuk Mengangkat Barang

kawat seling galvanis

Kawat seling merupakan salah satu tali baja yang pasti digunakan di berbagai industry. Kawat seling digunakan sebagai alat untuk memindahkan barang-barang dengan berat atau ukuran yang besar. Salah satu jenis tali baja yang paling sering digunakan adalah kawat seling galvanis.

Kawat seling galvanis merupakan kawat seling yang terbuat dari baja dan memiliki pluntiran layaknya benang atau tali biasa. Perbedaannya, setelah membentuk kawat seling yang menyerupai tali. Pada proses finishingnya kawat seling ini dilapisi menggunakan cairan galvanis.

Selain kawat seling galvanis, terdapat beberapa jenis kawat seling yang digunakan untuk mengangkat barang-barang besar.

4 jenis kawat seling yang digunakan berbagai industri

  1. Wire rope IWRC atau kawat seling full baja

Tipe kawat seling yang pertama ini mampu menjadi alat angkat yang sangat kuat. Kawat seling full baja merupakan  kawat seling yang di tengahnya full baja. Dengan kata lain pada pluntirannya tidak terdapat benang. Meskipun kawat seling full baja dapat digunakan untuk mengangkat beban-beban yang berat, namun berat tersebut harus sesuai dengan breaking load atau kapasitas tes angkat.

  1. Kawat seling PVC

Jenis kedua ini merupakan kawat seling yang bagian luarnya dilapisi dengan selang. Mengapa? Sebab meskipun kategori kawat seling ini dapat digunakan untuk menganngkat berbagai beban, namun kurang tahan terhadap karat. Untuk membeli kawat seling PVC ini anda juga tidak perlu khawatir, karena cukup murah dan bisa dikatakan hemat biaya. Ukuran kawat seling PVC yang dijual di pasaran juga bervariasi, mulai dari diameter 3 mm, 5 mm, 6mm, 10, mm dan seterusnya. Meskipun kekuatan angkat masih dibawah kawat seling tipe lainnya, namun kawat seling PVC lebih aman untuk tangan para pekerja karena tahan air.

  1. Kawat seling FC atau the wire rope fiber core

Kawat seling jenis FC ini di bagian tengahnya terdapat pluntiran yang berasal dari plastic atau tali rafia. Umumnya orang-orang yang menggunakan kawat seling jenis ini adalah para pekerja ringan dengan biaya yang tidak banyak. Bukan pekerjaan seperti lapangan proyek yang didalamnya menggunakan beragam jenis alat berat.

  1. Kawat seling non rotating

Kawat seling jenis ini adalah yang paling mahal harganya. Dibanderol dengan harga yang mahal karena pada kawat seling non rotating ini memiliki pluntiran yang sangat banyak. Kawat seling ini umumnya digunakan untuk lifting, crane dan alat angkat lainnya yang membutuhkan pekerja professional.