Beladiri Brazilian Jiu Jitsu (BJJ) Sudah Populer di Jakarta

Tempat Berlatih BJJ Jakarta

Tempat Berlatih BJJ Jakarta

Beladiri Brazilian Jiu Jitsu (BJJ) Sudah Populer di Jakarta – Brazilian Jiu-jitsu atau Jiu-jitsu Brazil atau yang lebih dikenal dengan sebutan BJJ kini sudah menjadi olahraga beladiri yang populer di Jakarta. BJJ sendiri merupakan jenis olahraga beladiri yang memfokuskan diri pada ‘ground fighting’ atau pertarungan bawah.

Beladiri BJJ sebelum menjadi populer di Jakarta saat ini, terlebih dahulu dipopulerkan di negara Brazil dan merupakan modifikasi dan ekspansi dari olahraga beladiri Judo dari Jepang.

Adalah Mitsuyo Maeda yang pertama kali memperkenalkan olahraga grappling ini kepada keluarga Gracie di Brazil. Setelah mendapatkan ilmu grappling dari Maeda, lantas keluarga Gracie pun terus mengasah skill tersebut dan membawanya ke kancah internasional, termasuk di Jakarta Indonesia.

Perjalanan BJJ sebelum populer di Jakarta

Selain kompetisi-kompetisi BJJ di Jakarta, terlebih dahulu BJJ menjadi populer di ajang pertarungan dunia yang bernama UFC atau Ultimate Fighter Championship. BJJ menjadi populer, karena kala itu Royce yang berasal dari keluarga Gracie berhasil memenangkan kompetisi UFC beberapa kali dan berturut-turut.

Kompetisi UFC yang juga disiarkan di Jakarta ini memperlihatkan kelihaian Royce dengan ilmu BJJ nya, dimana ia yang bertubuh relatif kurus mampu mengalahkan dan melumpuhkan lawan-lawanya yang bertubuh jauh lebih kekar, besar serta kuat. Momen-momen itulah yang membuat masyarakat dunia dan Jakarta menjadi tercengang dengan ilmu beladiri BJJ tersebut. Tak elak lawan-lawannya yg lebih kuat darinya, menjadi korban cekikan dan kuncian Royce.

Cara Royce memenangkan pertarungan memang sesuai dengan konsep beladiri BJJ itu sendiri. Yaitu, teknik membawa lawan ke tanah dengan bantingan atau sapuan, lalu melumpuhkannya dengan kuncian dan cekikan.

Keluarga Gracie yang mengembangkan BJJ pun punya alasan tersendiri kenapa memfokuskan skill nya untuk membawa lawan ke tanah. Ini dikarenakan lawan yang lebih besar atau lebih kuat, akan menjadi berkurang mobilitasnya saat sudah terjatuh di tanah. Tak heran BJJ pun banyak diminati, karena cocok bagi orang-orang yang bertubuh relatif lemah. Pemikiran dan minat ini pun tak elak juga menjamur di masyarakat Jakarta.

Kompetisi BJJ yang terkenal di Jakarta dan Dunia

Sebagai olahraga beladiri yang sudah disahkan dunia, organisasi BJJ tertinggi di dunia IBJJF (International Brazilian Jiu jitsu Federation) menggelar kompetisi yang dibagi berdasarkan tingkatan secara reguler. Pertandingan-pertandingan BJJ tersebut dipertandingan dalam skala regional, nasional dan internasional baik di Jakarta dan dunia. Sebut saja kompetisi-kompetisi BJJ di Jakarta antara lain Indonesia Submission Championship (ISC), Pan American, European, Pan Pacific, Kejuaraan Dunia BJJ atau BJJ Mundial.

Sedangkan pertandingan BJJ paling bergengsi yang mempertemukan berrbagai olahraga beladiri grappling selain BJJ, seperti halnya, Judo, Gulat, Sumo, Sambo, dan sebagainya disebut dengan ADCC (Abu Dhabi Combat Club).

ADCC adalah kompetisi grappling terbesar di dunia dengan hadiah uang berjumlah besar, yang disponsori oleh para Syekh kaya di negara-negara Arab, semisal Abu Dhabi, Dubai, Arab, dsb.

Periode kompetisinya pun rata-rata digulir bisa mencapai 5 kali setahun, dengan minimal 1 kali setahun. Seperti halnya ISC yang selalu diikuti para praktisi BJJ Jakarta setahun sekali.

Kini praktisi BJJ Jakarta pun sudah sangat menjamur, karena kesadaran mereka akan pentingnya skill tersebut. Dibuktikan dengan menjamur pula tempat berlatih BJJ Jakarta yang ada. Tidak hanya populer di komunitas BJJ Jakarta saja, BJJ juga diadopsi oleh militer Indonesia sebagai pelengkap sistem beladiri prajurit mereka. Hal ini dipertimbangkan, karena efektifitas dan efisiensi dari BJJ itu sendiri.