Trend Pelatihan SDM 2020 Secara Online


Tahun  2020 merupakan tahun yang berat untuk dilewati organisasi-organisasi dan perusahaan karena pandemi covid yang melanda dunia yang mengharuskan adanya adaptasi yang membatasi intensitas pertemuan sehingga mengubah trend pelatihan SDM 2020 banyak dilakukan secara online. Pelatihan semacam ini dilakukan dalam rangka mentaati aturan pemerintah untuk work from home.

Pelatihan online ini sendiri adalah sautu kegiatan yang diselenggarakan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas yang ditujukan pada seseorang atau kelompok. Adapun sasaran yang ingin dicapai dari pelatihan ini adalah untuk menghilangkan kesenjangan kemampuan yang dimiliki peserta pelatihan dengan standar yang telah ditentukan. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat kita ketahui bahwa pelatihan online sangat penting. Ketika seorang anggota pelatihan meimiki kemampuan hanya dibatas rata-rata saja, dengan mengikuti pelatihan ini kemampuanya dapat berkembang lebih baik lagi.

Pelatihan SDM online biasanya diselenggarakan melalui aplikasi atau website meeting online yang dipandu oleh trainer dan diikuti oleh peserta pelatihan secara online atau pada warktu yang telah disepakati. Proses pelaksanaan pelatihan online ini mempraktekan dan mempelajari dengan cara mengikuti panduan standard acuan tertentu atau prosedur mengenai kemampuan yang  harus dimiliki peserta pelatihan dengan pembiasaan kemampuan tersebut. Hal ini diharapkan dapat berdampak pada perubahan dan perbaikan kinerja di tempat kerja.

Manfaat yang diperoleh oleh perusahaan atau organiasi yang melaksanakan pelatihan ini diantaranya, perusahaan dan dapat memiliki tenaga kerja yang trampil dan ahli yang tentunya dapat menigkatkan efektifitas dan efisiensi serta meningkatkan produktivitas dalam bekerja agar memperoleh hasil akhir yang sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan. Selain itu dari segi finansial sendiri sangat menguntungkan pasalnya perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan waktu untuk menyelenggarakan program pelatihan secara langsung, sehingga biaya tersebut dapat dialihkan untuk hal-hal lain. Manfaat pelatihan ini bagi karyawan sendiri yaitu untuk meningkatkan motivasi dan rasa memiliki pada perusahaan tempat ia bekerja sehingga dapat membantu meningkatkan image positif perusahaan.