Mengenal Si Imut Anjing Maltese Dan Cara Merawatnya

Anjing maltese termasuk golongan peliharaan dan postur tubuh mungil. Sekilas melihatnya saja seperti boneka. Sangat menggemaskan, tatapan mata yang lembut, serta bulu lembut dan lebat semakin membuat tampilan lucu. Setiap orang ketika melihat peliharaan ini umumnya langsung jatuh hati. Ingin rasanya memeluk, mengajak bermain dan memilikinya. Tampilan yang mengundang daya pikat itu ternyata sejalan dengan karakternya. Maltese terkenal lembut, mampu bersosialisasi dengan hewan lain dan manusia. Jika Maltese sudah mengenal, mereka tak segan untuk menganggap makhluk lain itu sahabatnya. Tingkah laku mereka akan menunjukkan keakraban yang berbeda. Meskipun mereka menunjukkan sikap keramahan. Maltese ternyata pemberani,rasa kewaspadaan besar, dan sangat lincah. Tidak cukup itu saja, meskipun imut kepintarannya sangat mengejutkan. Hanya beberapa kali diajari saja, maltese langsung memahaminya.

Sama seperti Mini Goldendoodle yang dinobatkan sebagai anjing peliharaan ramah dan pintar. Pemilik anjing harus memperhatikan kondisi Maltese sebaik mungkin. Terutama keadaan psikologinya karena stress kerap melanda Maltese. Ketika dia ditinggal terlalu lama oleh pemilik rumah dan anggota keluarga lain kecemasan bisa melanda Maltese. Anjing ini akan bereaksi dengan menggonggong tak biasa serta merusak berbagai benda. Selain itu pemilik harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Maltese harus memperoleh pelatihan dasar. Supaya lebih memahami anggota keluarga lain. Jangan sampai Maltese menganggap anggota keluarga itu adalah ancaman sehingga bertindak berbahaya.
  2. Maltese termasuk anjing yang sensitif terhadap suhu. Jika dia dibiarkan dalam waktu lama berada di suhu panas. Kondisi kesehatan terganggu.
  3. Bulu pada Maltese itu identik dengan ukurannya yang panjang. Maka bulu Maltese juga harus dirawat secara benar. Jika tidak kerontokan dalam jumlah banyak bisa terjadi. Selain itu peluang mengakibatkan alergi yang mampu membahayakan kesehatan pemiliknya juga tinggi.
  4. Soal makanan, Maltese tergolong mampu beradaptasi dengan berbagai jenis. Meskipun begitu ada beberapa trah tertentu dari Maltese yang pilih-pilih makanan. Sehingga perlu dikonsultasikan dahulu dengan dokter hewan. Supaya jenis dan takarannya tepat.

Bagi Anda yang berencana mempunyai Maltese. Jangan lupa perhatikan perawatannya. Bahkan saat membeli anak Maltese yang akan Anda rawat juga harus hati-hati. Supaya mendapatkan bibit terbaik dan sehat.