Pengobatan Ablasi Retina Secara Alami


ablasi retina juga sering di sebut ablasio retina adalah penyakit mata pada bagian belakang di selaput bening mengalami lepasnya retina.

Apabila terjadinya retina lepas, dampaknya pada jaringan mata bisa kekurangan oksigen cakupan yang cukup untuk memberikan udara. Jaringan pada mata menjadk salah satu sebab bisa mengurangi indera penglihatan bisa jadi sebagian saja atau bisa secara menyeluruh, itu juga tergantung dari banyaknya jaringan mata retina yang lepas. Terkadang seseorang tidak mengetahui gejala yang ada karena memang tidak ada rasa nyeri ataupun sakit tapi ablasi retina bisa membawa dampak buruk yakni kehilangan penglihatan secara permanen ketika tidak di tangani secara cepat.

Retina pada mata mempunyai sisi  penting yang mampu memberi proses cahaya saat ditangkap oleh mata. Penangkapan yang terjadi berubah menjadi sinyal listrik di langsungkan di terima ke otak. Pemberian sinyal ini dapat memperlihatkan gambar secara langsung secara luas.

Apabila retina pada mata lepas dari tempatnya, penglihatan  yang semestinya akan berubah menjadi sangat tidak jelas. Penyakit mata ini terjadi pada orang yang berusia 50 tahun atau berusia lanjut dan orang yang mengalami kurangnya penglihatan adalah yang memiliki penyakit diabetes. Ini bisa memberikan cakupan buruk bagi penderita maka untuk memperoleh penanganan yang tepat di harapkan konsultasi ke dokter untuk bisa di diagnosis secara khusus.

Dapat di ketahui dari tanda-tanda yang mengalami ablasi retina ketika penderita mengalami gejalanya penderita memang merasakan rasa sakit dan nyeri. menimbulkan nyeri, adaoun gejala muncul yang bisa terlihat antara lain:

  1. Kemunculan bintik kecil yang melayang-layang di bagian indera penglihatan
  2. Adanya kilatan cahaya
  3. Pandangan menjadi kabur
  4. Penglihatan berkurang
  5. Bayangan terlihat semu

Hilangnya aktifitas melihat secara bertahap yakni gejala yang muncul mengakibatkan fungsi dari indera penglihatan pada mulanya terjadi  pada salah satu area dari penglihatan. Gangguan mata membuat beberapa penderita menjadi kehilangan daya lihat pada retina yang terlepas pada jaringannya. Beberapa memiliki pandangan yang kabur dan hilang secara tiba-tiba.

Pada diagnosis yang dilakukan dokter  berdasar dari tanda-tanda yang ada pada ablasi retina, menghasilkan pemeriksaan mata secara luas. Pemeriksaan-pemeriksaan  yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana retina bisa menangkao gambar, di antaranya:

  1. Ketajaman indera penglihatan
  2. Tes refraksi
  3. Respons pada gerak refleks pupil
  4. Pengenalan warna
  5. Pemeriksaan dengan alat lampu celah

6.Tekanan intraokuler

USG mata

Adapun cara mengobati ablasi retina   untuk memberikan penanganan pada robekannya retina. Cara apapun dilakukan untuk bisa memberikan berbagai macam mesembuhan. Penyembuhan secara langsung dapat di ketahui dari beberapa macam, antara lain:

  1. Operasi Laser

Tahap kesembuhan oada bagian retina yakni dengan laser. Ablasi retina di lihat dari cara penggunaannya dengan caea melihat  mata bagian dalam hingga pupil. Laser memberikan pembakaran di bagian robekan retina untuk menghasilkan jaringan baru yang memiliki fungsi menjaga robeknya retina sebelumnya.

  1. Pembekuan

Cara peengobatan dari ablasi retina ini menggunakan obat bius pada area mata untuk melihat langsung penanganan secara medis menghasilkan retina yang bisa memberikan upaya kesembuhan. Pembekuan tersebut bisa di lakukan dengan adanya bekas luka di bagian retina yang membantu menjaga retina hingga ke dinding mata.

  1. Pembedahan Ablasi Retina

Lepasnya retina  perlu adanya bedah untuk memperbaiki kerusakannya, diagnosi yang dilakukan doketer akan mengikuti prosedur yang ada untuk memperbaiki retina. Beberapa operasi yang telah disarankan dari pembedahan  akan bergantung pada faktor yang telah mengalami keparahan secara menyeluruh atau tidak.

Untuk mengetahui lebih lanjut penanganan abalsi retina ini bisa di tenyakan langsung ke ahli bedah. Karena saat ini belum di temukan adanya pengobatan secara alami kemungkinan pada saat usia yang renta untuk kehilangan alat penglihatan yakni dengan cara operasi yang disarankan karena memang itu yang terbaik.