Ciri Khas Style Dan Make Up Pengantin Jawa

Setiap jenis riasan make up pengantin di seluruh wilayah Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing termasuk juga untuk make up pengantin jawa. Make up khas jawa ini biasanya dipakai juga untuk para pengantin yang memakai gaya pernikahan khas jawa. Make up khas jawa ini memiliki ciri-ciri yang menonjol yang menjadi perbedaan dengan make up gaya khas daerah lainnya. Tidak hanya rias make up wajah saja akan tetapi juga pakaian yang dikenakan pun biasanya sangat khas dan menonjol.

Nah untuk anda yang ingin lebih mengenal ciri khas dari riasan yang ada pada pengantin jawa ini maka berikut ini bisa anda simak beberapa ciri khas yang ada pada riasan pengantin jawa :

  1. Biasanya riasan wajahnya dibuat dengan sedikit tebal untuk lebih menonjolkan kesan pengantin yang glamour. Mungkin gaya rias yang tebal seperti ini sekarang sudah banyak tidak dipakai. Namun untuk mereka yang masih kental dengan adat jawanya tentu masih menggunakan teknik rias wajah seperti ini.
  2. Pada bagian kening biasanya pengantin wanita jawa akan dihias dengan warna hitam yang sangat pekat menyerupai rambut. Pada pengantin jawa yang masih kental maka pemakaian hiasan hitam pekat ini memiliki makna tersendiri.
  3. Pada bagian atas rambut pengantin jawa wanita akan dipakaikan bungan melati yang telah disusun rapi di atas rambut dilengkapi dengan hiasan seperti bandu berdiri yang biasa disebut dengan cunduk sisir atau cunduk mentul.
  4. Untuk style baju biasanya mempelai akan mengenakan gaun berwarna hitam dengan kombinasi warna keemasan yang biasanya bahannya adalah kain bludru gelap.

Pada kebanyakan pengantin jawa memang menggunakan style yang seperti ciri di atas. Gaya make up artist surabaya di atas kini sudah jarang dikenakan. Hal ini karena kini semakin banyak style baru yang mucul dan lebih modern tentunya. Namun untuk suatu daerah yang masih kental kepercayaannya mengenai adat jawa biasanya masih menggunakan segala riasan yang khas dengan adat jawa ini.