Penjelasan Ketogenic Diet Adalah

Dalam panduan ketogenic diet for beginners kali ini, kita akan membahas tentang apa itu ketogenic diet, dan segala hal yang terkait dengan pengetahuan jenis diet ini.

Apa Itu Ketogenic Diet?

Ketogenic diet adalah diet rendah karbohidrat, yang dapat membantu Anda membakar lemak dengan lebih efektif. Banyak orang telah mengalami banyak manfaat terbukti untuk penurunan berat badan, meningkatkan kesehatan, dan bahkan untuk penyembuhan obesitas.

Arti kata “Keto” dalam ketogenic diet berasal dari sebuah fakta unik : tubuh mampu menghasilkan molekul bahan bakar kecil yang disebut dengan “keton”. Keton adalah sumber bahan bakar alternatif untuk tubuh, digunakan ketika gula darah (glukosa) kurang.

Keton diproduksi jika Anda makan sangat sedikit karbohidrat (yang dengan cepat dipecah menjadi gula darah) dan hanya protein dalam jumlah sedang (kelebihan protein juga dapat dikonversi menjadi gula darah).

Hati menghasilkan keton dari lemak. Keton ini kemudian berfungsi sebagai sumber bahan bakar di seluruh tubuh, terutama untuk otak.

Otak adalah organ yang selalu lapar energi. Maksudnya, otak selalu membutuhkan konsumsi banyak energi setiap hari, dan tidak bisa berjalan dengan lemak secara langsung. Sebaliknya, otak hanya dapat berjalan dengan suplai glukosa atau keton yang diproduksi tubuh.

Bagaimana Ketogenic Diet Bekerja?

Pada diet ketogenik, seluruh tubuh Anda mengalihkan suplai bahan bakarnya untuk sebagian besar menggunakan lemak, membakar lemak 24-7.

Ketika kadar insulin menjadi sangat rendah, pembakaran lemak dapat meningkat secara dramatis, sehingga tubuh akan lebih mudah untuk memproses lemak menjadi bahan bakar tubuh.

Diet tipe ini bagus jika Anda mencoba menurunkan berat badan, tetapi ada juga manfaat lain seperti perut tidak cepat lapar dan pasokan energi yang stabil. Kegiatan ini secara tidak langsung dapat membantu Anda tetap waspada dan fokus.

Ketika tubuh memproduksi keton, ia memasuki keadaan metabolisme yang disebut “ketosis”. Cara tercepat untuk sampai pada posisi tersebut adalah dengan berpuasa atau tidak makan apapun. Namun, tidak ada manusia yang mampu berpuasa selamanya. Karena itu, teknik ketoginic diet muncul untuk membantu manusia untuk mencapai posisi ketosis.