Penyebab Kesehatan Yang Dapat Menghambat Kehamilan

Bisa memiliki bayi tentu saja menjadi impian dan kebahagiaan semua pasangan yang berumah tangga. Sudah melakukan program hamil dalam waktu yang lama dan belum juga hamil berarti ada permasalahan kesehatan yang terjadi. Ini penyebab kesehatan yang dapat menghambat kehamilan.

  1. Gangguan jantung

Buat Anda yang sedang program hamil pastikan tidak mengalami gangguan jantung. Penyakit ini  dapat menghambat kehamilan karena berisiko besar mengalami keguguran. Anda perlu melakukan pemeriksaan yang rutin jika sudah mengidap penyakit ini dan akan menjalankan program hamil.

  1. Sindrom Polikistik Ovarium

Masalah kesehatan yang berpotensi besar menghambat kehamilan adalah sindrom polikistik ovarium. Masalah kesehatan ini terjadi karena adanya gangguan keseimbangan hormonal. Biasanya jika menderita masalah kesehatan ini juga sekaligus mengalami masalah di bagian indung telur. Masalah yang terjadi adanya kista yaitu folikel telur yang tidak berkembang.

  1. Endometriosis

Masalah kesehatan yang juga dapat menghambat kehamilan yaitu penyakit pada organ reproduksi. Hal ini terjadi pada lapisan dinding rahim yang tumbuh di luar rongga rahim. Kondisi kesehatan ini mempengaruhi tingkat kesuburan yang dampaknya adalah susahnya untuk bisa hamil. Biasanya masalah kesehatan ini terjadi karena faktor keturunan.

  1. Obesitas

Jangan sepele dengan obesitas karena ini juga merupakan masalah kesehatan yang dapat menurunnya kesuburan. Ketika kesuburan Anda sudah menurun maka akan menjadi penghambat untuk bisa hamil. Usaha keras Anda dalam menjalankan program hamil memiliki peluang gagal lebih besar dalam kondisi obesitas.

Obesitas merupakan kondisi lemak yang berlebihan dan akibatnya mempengaruhi hormon reproduksi. Jadi penting sekali untuk Anda menjaga kesehatan dan memiliki berat badan yang ideal. Lakukan olahraga dan jaga pola makan yang sehat menjadi salah satu cara mencegah terjadinya obesitas selama program hamil.

  1. Kualitas Sperma

Masalah kesehatan yang juga dapat menghambat kehamilan dapat terjadi dari pasangan Anda yaitu kualitas sperma. Ketika sperma yang dihasilkan tidak berkualitas maka kondisi pergerakannya akan lambat dan mempengaruhi pembuahan. Apapun gaya sex yang Anda lakukan memiliki peluang yang kecil jika kualitas sperma tidak optimal.

  1. Kegagalan Prematur Indung telur

Masalah kesehatan berikutnya yang dapat menjadi penghambat kehamilan adalah kegagalan prematur indung telur. Masalah kesehatan ini membuat indung telur berhenti melakukan produksi hormon dan sel telur. Set telur bahkan tidak berevolusi dan terlihat dari tingkat hormon yang tidak normal.

  1. Tumor

Tumor di bagian dalam rahim juga menjadi penghambat terbesar untuk bisa hamil. Tumor terbentuk dari sel-sel yang membentuk bagian otot dinding rahim. Masalah kesehatan ini secara garis besar disebabkan karena kelainan genetik yang merupakan keturunan. Jadi bagi Anda yang keluarganya memiliki riwayat ini perlu melakukan pemeriksaan agar dapat diatasi dengan cepat.

Ketahui dengan cepat masalah kesehatan yang dialami akan membuat Anda memiliki kesempatan untuk bisa hamil. Konsultasikan dengan dokter upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang sedang dialami.